Saturday 18 June 2016

Cara memilih anakan Louhan yang berkualitas

   Dalam artikel kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit tips untuk memilih anakan ikan louhan yang berkualitas di katakan berkualitas adalah bila sudah besar akan mempunyai nonong yang besar warna yang bagus dan mutiara yang indah.
   Sebelum nya saya akan sedikit menjelaskan tentang ikan louhan, berbeda dengan ikan hias jenis lain louhan mempunyai keistimewaan yaitu ikan ini akan berubah bentuk maupun warnanya ketika sudah dewasa jadi anakan louhan sangat berbeda dengan ketika bila louhan sudah dewasa, dari segi ukuran sudah tentu makin besar, tapi dari segi warna dan bentuk ikan sangat berbeda jadi kita sangat sulit menentukan anakan louhan akan bagaimana bila sudah dewasa. Tidak seperti ikan jenis lain seperti arwana walau warna waktu anakan berbeda tapi pas sudah dewsa cenderung pasti seperti arwana dewasa lain.

   Dari sedikit penjelasan di atas maka banyak penghoby yang kesulitan memilih anakan ikan louhan yang bisa sesuai dengan harapan ketika sudah dewasa, tidak jarang yang kecewa sudah pelihara lama tapi pas sudah dewasa jenong tidak ada warna tidak keluar dan mutiara sangat sedikit, bahkan terkadang waktu masih anakan seperti jantan tapi pas sudah dewasa ternyata betina sungguh mengecewakan. Berikut saya berikan contoh gambar ikan louhan anakan dan yang sudah dewasa anda bisa bedakan sendiri.
   Sungguh sangat berbeda tapilan ikan louhan pada waktu masih kecil dan ketika sudah dewasa jadi sangat sulit kita menentukan anakan louhan akan seperti apa bila sudah dewsa. Tapi bila kita teliti dan cermati anakan louhan sebenarnya sudah membawa bakat sejak kecil jadi ada ciri-ciri kusus yang ada pada anakan louhan yang masih kecil dan akan berkembang menjadi lebih bagus bila sudah dewasa, di sini saya akan mencoba menjelaskan nya.

Tips atau cara memilih anakan ikan louhan ada dua hal yang perlu di perhatikan yang pertama dilhat dari indukan louhan tersebut dan yang kedua adalah dari bentuk fisik ikan tersebut. Saya akan jelaskan satu -persatu.
Pertama dari indukan ikan. Jadi sebelum membeli anakan ikan louhan kita harus tau jenis ikan yang akan kita beli dan bagaimana wujud dari pejantan dan betina dari indukan ikan tersebut karena genetik dari indukan akan melekat pada anakan louhan tersebut jadi ada gambaran bagaimana kelak anakan tersebut menjadi dewasa dilihat dari idukannya. Bila memang kita tidak bisa melihat indukanya kita bisa tanyakan ke penjual asal-usul ikan tersebut bila ikan berasal dari peternak ikan yang sudah terkenal dan bagus kemungkinan anakanya juga berkualitas, karena penjual ikan kebanyakan tau dari mana asal ikan yang di jualnya.

Yang ke dua adalah dilihat dari bentuk fisik anakan louhan cara ini bisa dilakukan bila ikan sudah berukuran diatas 5cm karena bila masih terlalu kecil kebanyakan bentuk ikan benar-sama. Bila ikan sudah berukuran diatas 5cm maka sudah sedikit terlihat bakat nonong mutiara dan warnanya.

a.Untuk dari nonongnya kita bisa lihat pangkal depan sirip atas sedikit ke belakang jadi ada jarak yang lebih lebar pada jidat ikan untuk kelak tumbuhnya nonong yang besar. Sangat jarang anakan louhan yang sudah mempunyai tonjolan pada kepalanya walau sedikit. tapi bila sirip atas ikan sampai di atas matanya sejajar keatasa kemungkinan nonong akan kecil karena tidak ada tempat untuk tumbuhnya nonong yang besar.

b.Untuk mutiara walau ikan masih kecil mutiara sudah bisa dilihat ciri louhan yang mempunyai mutiara bagus bisa dilihat dari pangkal ekor sampai sekitar belakang mata bila anakan louhan mempunyai mutiara yang berkilau memanjang atau rintik-rintik di area tersebut makan di pastikan bila sudah dewasa mutiaranya akan semakan banyak.

c. Untuk dari warna dapat terlihat dari sirip anakan ikan luhan. ikan yang berkualitas warna yang bagus dari kecil sudah memperlihatkan sirip yang berwarna merah cerah terkadang sedikit transparan, sirip meliputi sirip atas, bawah dan ekor tidak termasuk sirip dayung, selain pada sirip biasanya anakan ikan warna akan muncul pertama pada pangkal sirip dayung atau belakang insang.

Tips tambahan untuk memilih ikan yang berada di koloni atau masih di campur di satu aquarium yang terdapat ratusan anakan louhan, kita harus siapkan wadah seperti nampan atau piring dan isi sedikit air ambil beberapa ikan dan letakan pada wadah yang sudah di siapkan maka ikan akan berada di posisi miring dan bisa dilihat dengan jelas dari atas tapi jangan terlalu lama ikan bisa stres. Bila masih dalam koloni jangan terkecoh dengan ikan yang berukuran lebih besar dari yang lain itu di sebabkan dari nafsu makanyanya bukan kualitas ikan tersebut. 

Demikian sedikit tips yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat untuk anda, mohon maaf bila ada salah kata.

No comments:

Post a Comment