Saturday 4 February 2017

Pilih bisnis ikan konsumsi atau ikan hias.

    Salam sukses untuk kita semua, dalam artikel ini saya akan mencoba menjabarkan dan memberikan anda wawasan mengenai berternak atau pengembangan bisnis ikan hias dan ikan konsumsi bertujuan agar anda dapat memilih atau menentukan bisnis apa yang tepat untuk anda pilih apakah memelihara ikan konsumsi atau ikan hias.

    Dalam dunia peternakan atau budidaya jenis pembudidayaan ikan tergolong lebih simpel dan mudah dari segi perawatan, hama, dan pakan di banding dengan peternakan unggas, kambing, sapi dan sebagainya. Kenapa demikian saya akan coba sedikit jelaskan. Untuk ternak ikan tempat yang di perlukan adalah air bisa kolam atau aquarium luas tempat juga tidak terlalu besar berbeda dengan ternak lain yang memerlukan kandang kusus dan lebih rumit.

   Untuk hama yang menyerang ikan cenderung sedikit tidak perlu penyuntikan vaksi atau obat2an yang di berikan ke semua ikan beberapa jenis ikan hanya perlu pengobatan dari air tempat hidupnya. Ternak jenis lain misal ayam harus di beri vaksin per ekor yang memerlukan ketelitian dan biaya yang tidak sedikit.

   Mengenai pakan, ikan sangat simpel dalam pemilihan pakan bisa pakan buatan atau pelet bisa juga pakan alami seperti cacing dan sayuran, pemberian pakan jam jumlah pakan juga tergolong sangat terjangkau untuk memelihara ikan walau dalam jumlah besar misal dalam tambak udang atau kolam lele yang berjumlah ribuan ekor.

   Untuk pemasaran ikan juga sudah mempunya pasar tersediri konsumen yang setia yang mengkonsumsi ikan sehari-hari sangat besar dan semakin bertambah begitu juga penghobi ikan hias yang semakin berkembang. Demikian sedikit pembanding antara ternak ikan dan dari jenis ternak yang lain.

   Sekarang kita masuk dalam pembahasan utama kita yaitu lebih baik berternak ikan hias atau ikan konsumsi dari segi bisnis. Pertama saya akan jelaskan mengenai ternak ikan konsumsi, untuk ikan konsumses ada banyak jenis misal lele, nila, patin, udang dan gurami dan masih banyak jenis ikan konsumsi lainya. Dilihat dari pangsa pasar jenis ikan konsumsi memang sangat menjanjikan karena berapapun jumlah ikan yang ada di pasaran pasrti akan ludes terjual karena mayoritas masyarakan saat ini lebih variatif dalam memlih jenis makanan tidak melulu ayam tapi juga jenis ikan yang lebih sehat dari hal tersebut dapat di simpulkan berternak ikan konsumsi sangat menjanjikan dalam segi bisnis.

   Kemudian bagaimana bila dari sisi perawatan dan hitungan pakan dan harga jual? Bila berbicara bisnis memang perhitungan untung rugi harus di kedepankan, Untuk ikan konsumsi ada sangat banyak inofasi dan metode dalam memelihara dan budidaya dari kesekian banyak metode tersebut di klaim paling simpel mudah dan murah anda bisa mempelajari semua metode budidaya di banyak tutorial dan pelatihan yang bisa di dapat dan di ikuti dengan mudah. Bahkan ada banyak sistem kemitraan yang lebih memudahkan untuk peternak pemula untuk mencoba memulai bisnis di bidang ikan konsumsi.

  Saya sudah membahas ikan konsumsi di atas sekarang akan saya jelaskan mengenai ikan hias, peluang bisnis ikan hias berbeda dengan ikan jenis konsumsi karena tidak di semua kota terdapat pasar ikan hias jadi untuk penjualan biasanya peternak mengirimkan atau menyetorkan ke pengepul yang di salurkan ke toko-toko ikan hias tapi nilai positifnya adalah dari harga yang relatif lebih mahal dan jenis ikan yang lebih banyak di banding ikan jenis konsumsi, kenapa bisa lebih mahal karena bisnis ikan hias adalah bisnis hoby jadi pembelinya juga penghoby yang lebih kompetitif mengenai harga tidak sepeti ikan konsumsi.

  Dari segi perawatan ikan hias memang memerlukan keahlian kusus tidak sembarangan karena kebanyakan jenis ikan hias  adalah ikan yang bukan berasal dari indonesia tapi bisa berasal dari luar negara jadi harus pelu penanganan kusu dan pakan yang berbeda jadi tingkat kesuksesanya tergolong memang rendang bila tidak ada keahlian sebelumnya. Bahkan beberapa jenis ikan ada yang harus di tempatkan di aquarium jadi tidak bisa di ternak di tambak atau kolam masal.

 Untuk pakan ikan hias juga sangat berbeda dengan ikan konsumsi untuk ikan hias memerlukan pakan kusus beberapa juga harus dengan pakan alami tidak bisa pakan buatan atau pelet misal ikan Arowana tapi memang dari harga jauh lebih berkelas jadi di pastikan tetap menguntungkan dari segi bisnis.

   Sekian penjelasan dari saya semoga dapat bermanfaat untuk anda sebaga referensi pemilihan untuk menentukan bisnis apa yang ingin anda jalankan, semoga sukses dan selalu semangat.


No comments:

Post a Comment