Monday 6 June 2016

jenis-jenis ikan cupang

Ada banyak jenis ikan cupang dari mulai yang lokal atau di sebut juga cupang liar, dan juga ada cupang hias yang biasa di budidayakan
Bila membahas jenis dari ikan cupang maka akan sangat banyak yang kita bahas karena setiap peternak yang berhasil menyilangkan jenis ikan cupang yang berbeda akan menghasilkan jenis cupang baru dengan tampilan kombinasi dari indukanya, disini saya akan sedikit memberikan referensi jenis cupang yang sudah populer dari penghoby.

Jenis ikan cupang menurut penghoby atau peternak di bagi menjadi 2 jenis yaitu cupang jenis hias dan cupang jenis petarung, pada dasarnya semua ikan cupang bisa bertarung tapi di sini ada spesifikasi lebih tentang cupang petarung dan hias. Untuk cupang hias mengedepankan keindahan sirip dan warna dari ikan cupang sedangkan untuk cupang adu menonjolkan gaya tarung dan insting membunuhnya, biasanya cupang petarung terlihat tidak menarik.

Yang pertama saya akan jelaskan jenis cupang hias yang populer. ada CT (crown tail) atau serit, HM (half moon) atau bulan, Plakat, dan doble tail.
1. CT (crown tail) atau serit
     Cupang jenis ini sangat terlihat berbeda karena sirip seperti rambut yang rumbai dan panjang tapi tetap terlihat menarik dengan karakter ikan cupang yang sangat identik. tidak di ketahui kapan pertama kali cupang jenis ini di temukan dan di negara mana tapi thailan sebagai pusat ikan cupang dunia mengklaim mereka yang pertama kali memperkenalkan ikan cupang jenis ini
2. HM (half moon) atau bulan
    Menurut saya pribadi cupang jenis ini yang paling menarik dan indah dari semua jeis ikan cupang, dengan sirip yang sangat lebar membentuk lingkaran hal itu yang membuat ikan ini di sebut Half Moon.
 3. Plakat
     Cupang jenis plakat sangat identik dengan sirip ekor pendek dengan tulang sirip yang tebal dan terlihat kuat dan kaku dengan warna yang lebih tajam dengan kombinasi warna seperti ikan koi. ikan cupang jenis plakat saat ini juga sudah banyak farian jenis seperti koi, fanci, dragon dan masih banyak plakat jenis yang berbeda.
4. Doble tail.
    Keistimewaan ikan cupang jenis ini adalah dengan ekor yang terbelah dua atau seakan mempunyai dua ekor, membuat daya tarik tersediri dari jenis ikan cupang doble tail.

Yang ke dua adalah jenis ikan cupang aduan, ikan cupang kusus aduan ada beberapa jenis seperti bakok, bagan, gian dan lokal.

No comments:

Post a Comment