Tuesday 7 June 2016

Peluang berternak ikan guppy

   Penggemar ikan hias air tawar semua pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan kecil dengan warna yang menarik bernama guppy, ikan hias dengan harga yang relatif terjangkau ini biasanya di gunakan untuk pelengkap pada aquascape. Untuk kusus penghoby ikan guppy atau juga kolektor ikan guppy akan selalu berburu guppy jenis terbaru yang akan muncul setiap saat karena ikan jenis ini tergolong mudah untuk di silangkan agar mendapatkan jenis atau corak baru.

    Ikan dengan nama latin Poecilia reticulata  tergolong ikan dengan adaptasi yang bagus dan dayatahan tubuh terhadap penyakin juga baik mengingat ukuran ikan yang tergolong kecil. Daya tarik ikan guppy terletak pada warna tubuh dan seluruh sirip yang ada pada ikan tersebut bahkan untuk penghoby sejati ikan ini ditail warna dan sirip sangat di perhatikan.
    Rentang hidup ikan guppy rata-rata sekitar 10 bulan hingga 14bulan. Performa maksimal pada ikan usia 7 bulan, untuk betina tergolong lebih lama masa hidupnya dari pada guppy jantan. Sangat menarik untuk di cermati dan selalu menjadi daya tarik pada ikan ini adalah jenis nya yang sangat banyak dan selalu muncul yang baru dan yang menarik menjadikan ikan ini selalu mempunyai pasar tersendiri di dunia ikan hias air tawar, tidak seperti dengan ikan hias jenis lain yang beberapa hai buming dan lambat laun menghilang.
    Sudah cukup panjang lebar penjelasan atau pengenalan tentang ikan kecil ini padahal masih banyak yang belum saya kupas, mungkin lain kali akan saya buat judul kusus untuk membahas ikan guppy yang imut namun istimewa ini.

   Kembali pada pokok bahasan kita yaitu peluang bisnis penjualan atau budidaya dan pasar kusus ikan guppy, tidak di pungkiri bahwa pasar ikan hias indonesia saat ini tergolong sedang sedikit menurun di banding 5 tahun sebelumnya, tapi tidak menutup kemungkinan untuk tahun-tahun kedepan pasar ikan hias indonesia akan bergeliat kembali melihat dari mulai ramainya forum-forum diskusi tentang ikan hias dan tentunya di mulai dari ikan guppy yang sedang saya coba bahas.

    Di dukung majunya teknologi internet berpengaruh pada sistem jual beli online yang sangat memudahkan para penjual ikan hias untuk memasarkan produk ikanya ke pasar yang lebih luas tidak terbatas, penjualan online juga di dukung dengan banyaknya perusahaan jasa antar barang atau ekspedisi untuk mendukung dari transaksi jual beli online, sekarang walapun kita berada di desa yang terpencil misal di kota Ponorogo tetap bisa dengan mudah melayani pesanan ikan dari seluruh indonesia bahkan luar negri.
   Kenapa guppy ...?
Memang banyak jenis ikan lain yang mungkin pamornya sudah bagus seperti koi, mas koki, arwana atau louhan, tapi dari segi budidaya atau ternak ikan guppy tergolong paling mudah untuk pemula juga mengenai pengiriman seperti bila harus mengirim ikan ke luar pulau misalnya, ikan guppy sangat mudah di banding dengan ikan jenis lain. Dan kusus untuk penghoby baru yang ingin mencoba peruntungan di dunia ikan hias memang sangat di sarankan untuk terlebih dahulu mencoba ternak ikan guppy sebelum mencoba untuk jenis ikan lain yang mungkin sangat sulit untuk pemula.

    Sedikit tips untuk pemula ada 4 langkah sederhana bila ingin mencoba berternak ikan guppy
1. Bergabung di fomum atau komunitas kusus ikan guppy di media sosial seperti facebook atau yang lainya, dengan bergabung di forum tersebut anda bisa banyak jaringan dan pengalaman atau tukar informasi dengan sesama anggota komunitas
2. Segera memulai dengan memelihara ikan guppy minimal 5 pasang dengan jenis yang berbeda, untuk pemeliharaan dan cara ternak anda bisa share di komunitas yang sudah anda ikuti atau anda bisa tanya pada penjual dimana anda membeli ikan tersebut pasti dengan senang hati akan menjelaskan semua permasalahan anda.
3. Selalu memposting ikan anda di forum atau komunitas ikan hias di media sosial yang anda ikuti, dengan begitu akan semakin banyak orang yang melihat hasil dari ternakan anda.
4. Yang terakir adalah menjalin jaringan antar penghoby ikan guppy dimanapun, ini sangat penting karena jaringan yang bagus akan mempermudah anda dalam berbisnis terutama di penjualan online.

Terimakasi untuk pembaca semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.


No comments:

Post a Comment