Wednesday 8 June 2016

Tips Berternak ikan Hias tanpa membeli pakan.

   Dalam memelihara hewan ternak jenis apapun pasti pakan/ makanan ternak adalah elemen yang pasti ada dan tidak dapat di pisahkan, karena setiap mahluk hidup memerlukan makanan untuk tumbuh dan berkembang. Seperti contoh bila anda berternak kambing sapi atau kelinci pasti makanan berupa daun rumput dan makanan tambahan seperti konsentrat mutlak di perlukan agar hewan ternak anda tetap sehat dan tumbuh berkembang dengan cepat yang bisa berdampak pada nilai jual hewan tersebut.

   Begitu juga hal yang sama terjadi bila anda berternak ikan hias kita harus menyiapkan pakan yang di butuhkan oleh ikan dan yang pasti bermanfaat untuk pertumbuhanya. Berbeda dengan hewan ternak seperti yang sudah saya bahas di atas makanan ikan tidak tersedia di sekitar kita seperti rumput dan daun yang banyak tersedia di kebun dan mudah untuk di tanam, Untuk makanan ikan kita harus membeli pur/pelet yang terbilang tidak murah jadi membuat ongkos produksi atau modal menjadi meningkat yang berimbas pada harga jual ikan yang juga harus tinggi untuk menutup ongkos produksi tapi bila harga terlalu tinggi dan permintaan pasar terhadap ikan kita menurun maka kita bisa merugi.

   Untuk mensiasati hal tersebut banyak hal yang bisa kita lakukan dari menekan jumlah pemberian pakan atau mencari pakan alternatif. Tapi dari kedua cara di atas ada hal positif dan negatif nya misalkan pada cara pertama yaitu menekan jumlah pemberian pakan, memang hal tersebut bisa berimbas pada menurunya pengeluaran untuk pembelian pakan tapi hal negatifnya adalah dapat mengganggu pertumbuhan ikan karena konsumsi pakan yang kurang cukup. Untuk cara yang ke dua yaitu mencari jenis pakan alternatif beberapa peternak ikan hias sudah banyak yang mencoba menggunakan cara ini tapi tidak banyak yang berhasil karena beberapa jenis ikan sulit untuk mendapatkan pakan yang cocok dan terkadang pakan alternatif harganya juga sama seperti pelet/por.

   Tapi dari tantangan yang sangat berat tersebut kita justru harus bisa berinofasi untuk menemukan jalan alternatif agar tetap bisa berternak ikan hias dan tentunya tetap untung. Kembali ke pokok bahasan pada judul artikel ini yaitu "berternak ikan hias tanpa membeli pakan." kok bisa...???

   Saya akan coba berikan tips nya pada anda yang sudah setia membaca artikel ini. Kita bisa belajar dari peternak kambing sapi atau kelinci mereka menanam rumput jenis tertentu atau tanaman agar tidak perlu membeli pakan. Dalam ikan hias kita juga bisa menggunakan cara terbut dengan cara mengembang biakan jenis2 pakan ikan alami terlebih dahulu sebelum memelihara ikan. Nah sampai disni pasti sudah ada yang mendapat gambaran tentang "berternak ikan hias tanpa membeli pakan." Tapi tidak sampai dini saya akan lanjutkan pembahasan nya sampai lengkap.

    Pertama kita harus tau di alam bebas ikan makan apa? ada lumut ada cacing, kutu air ada juga ikan yang memakan ikan dari jenis yang berbeda yang berukuran lebih kecil. Dari hal tersebut kita bisa simpulkan bahwa kita harus menyediakan jenis2 makanan ikan tersebut dan membudidayakan nya terlebih dahulu sebelum berternak ikan hias jadi nanti kita tidak perlu membeli pakan untuk ikan kita. Keunggulan dari pakan alami adalah perkembangan ikan lebih cepat tidak mengganggu pencemaran air ikan lebih sehat dan juga pakan alami bisa kita produksi sendiri.
   Untuk cara membudidayakan jenis pakan alami akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Yang perlu di perhatikan adalah pola pemberian pakan pada ikan. Untuk burayak atau anakan ikan usia 0 sampai 2 bulan kita bisa memberikan jenis pakan alami berupa lumut dan kutu air karena ukuran ikan yang masih sangat kecil jadi jenis makanan juga harus lebih kecil, sedangkan untuk ikan usian 2 bulan keatas kita bisa berikan cacing dan lumut untuk cacing ada banyak jenis cacing yang kesemuanya bisa kita budidayakan. Salah satu keunggulan pakan alami selain yang sudah saya sebutkan tadi yaitu kita juga bisa menjual nya ke penghoby ikan hias jadi bisa mendapat pemasukan selain dari penjualan ikan hias.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi anda dalam mencari alternatif penghematan dalam berternak ikan hias, saya ucapkan terimakasih pada pembaca, dan maaf bila ada salah2 kata dari saya pribadi. 
 

No comments:

Post a Comment