Thursday 1 September 2016

Peluang Bisnis Toko Ikan Hias

Di jaman sekarang sangat banyak model usaha atau bisnis, yang mau menekuni suatu bisnis dan terus belajar dan berusaha lah yang akan meraih hasil dari kerja keras yaitu kesuksesan, dari banyak jenis usaha di sini saya akan sedikit membahas bagaimana peluang berbisnis ikan hias atau berjualan ikan hias dengan membuka toko atau dengan model jemput bola atau berjualan keliling menggunakan kendaraan.

Bisnis ikan hias masuk pada kelompok usaha hoby yaitu jenis usaha yang bergerak pada bidang hoby atau minat jadi bukan termasuk kebutuhan pokok atau jenis jual jasa. usaha hoby selalu memberikan yang di butuhkan oleh penghoby misal usaha burung kicau, usaha ayam aduan, atau juga pemancingan. Untuk ke stabilan jenis usaha ini terbilang sangat stabil karena penghoby akan terus bertambah dan selalu mengikuti perkembangan jadi sangat jarang terjadi pasang surut, apalagi dengan membentuk komunitas dengan begitu sesama penghoby bisa terus saling bertukar fikiran dan semakin banyak penghoby baru. akan saya jelaskan beberapa langkah mudah bila ingin memulai bisnis ikan hias.

1. Mencari jaringan
Hal pertama yang harus kita lakukan untuk memulai bisnis ikan hias adalah mencari jaringan yaitu mencari koneksi dimana anda bisa mendapatkan ikan hias yang akan di jual, bisa mencari suplayer ikan hias terdekat atau bisa langsung ke petani ikan hias, jaringan ini di sarankan sebanyak mungkin bisa sesama penjual ikan hias yang sudah lama atau yang baru selalu buat hubungan yang baik dengan semua pembisnis ikan hias dan pelajari cara mereka masing-masing. Hal ini menjadi yang utama karena dalam perjalanan bisnis anda pasti akan sangat di perlukan jaringan untuk mengembangkan usaha anda.



2.Menentukan tempat
Dalama semua bisnis berdagang lokasi toko selalu menjadi perhatian yang sangat penting, untuk jenis bisnis ikan hias lokasi di sarankan di tempat yang dekat dengan jalan raya atau di tepi jalan agar pengguna jalan mudah melihat dan datang ke toko tanpa mencari ke lokasi misal masuk gang yang jauh. Di sarankan juga yang dekat dengan sekolahan karena peminat ikan hias kebanyakan juga anak-anak.

3.Penempatan Ikan
Untuk usaha ikan hias kita juga perlu memperhatikan penempatan ikan yang kita jual. Karena ikan termasuk mahluk hidup jadi bila penempatan nya kurang tepat bisa stres dan mati yang menimbulkan kerugian.Jadi bila ikan dalam jumlah banyak usahakan menggunakan aquarium yang besar dan menambahkan airator atau filter agar sirkulasi air bisa berjalan dan air tidak cepat keruh, karena bila air keruh ikan akan sulit dilihat oleh pembeli.Begitu juga pemberian pakan karena setiap ikan mempunya karakter yang berbeda dari beberapa jenis dan juga jenis pakan yang berbeda.



4.Menentukan jenis ikan 
Langkah terakir adalah menentukan jenis ikan apa yang akan kita jual, ini sangat penting karena bila kita menjual jenis ikan yang sedang tidak tren di pasaran di pastikan akan sulit untuk di jual. Cara nya adalah dengan terus komunikasi dengan jaringan yang sudah di jelaskan di awal, kita bisa tanya ke suplayer ikan hias jenis ikan apa yang lagi di minati saat ini, dengan begitu kita bisa menentukan jenis apa saja yang akan anda sediakan di toko anda untuk menarik konsumen.

5. Promosi
Yang terakir di lakukan adalah pemasaran atau promosi, anda bisa membuat tulisan barner atau sejenisnya yang di tempatkan di depan toko anda atau di pinggir jalan agar mudah terlihat oleh konsumen, Selain itu anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi secara online.

Sekian sedikit tips dari saya semoga dapat menjadi pertimbangan untuk anda bila ingin memulai bisnis baru ini. semoga bermanfaat. mohon maaf bila ada salah kata dari saya. Salam sukses...

No comments:

Post a Comment